10-Minute Brain Games: Logic and Reasoning

10-Minute Brain Games: Logic and Reasoning

IPS jelaskan yang di maksud kebijakan perdagangan nternasional


jelaskan yang di maksud kebijakan perdagangan nternasional


Jawaban:

Kebijakan Perdagangan Internasional adalah segala tindakan negara/pemerintah, baik langsung ataupun tidak langsung untuk memengaruhi struktur, arah, komposisi, serta bentuk perdagangan luar negeri atau kegiatan perdagangan.

Penjelasan:

kebijakan yang dimaksud bisa berupa tarif, larangan impor, kuota, dumping dan berbagai kebijakan lainnya.

A. Penetapan tarif

  • Tarif adalah sebuah pembebanan atas barang-barang yang melintasi daerah pabean (costum area). Sementara itu, barang-barang yang masuk ke wilayah negara dikenakan bea masuk.

B. Kuota impor

  • Kuota adalah kebijakan pemerintah untuk membatasi barang-barang yang masuk dari luar negeri. Akibat dari kebijakan kuota dan pembatasan impor biasanya akan terjadi : Jumlah barang di pasar turun, harga barang naik, produksi dalam negeri meningkat, dan impor barang turun.

C. Larangan ekspor impor

  • Kebijakan ini dimaksudkan untuk melarang masuknya produk-produk asing ke dalam pasar domestik. Hal ini  dilakukan karena alasan politik dan ekonomi.

D. Subsidi

  • Subsidi merupakan kebijakan pemerintah untuk membantu mengurangi sebagian biaya produksi per unit barang produksi dalam negeri.

E. Premi

  • Adalah suatu kebijkan yang diambil oleh pemerintah dengan memberikan tambahan dana pada produsen dalam negeri yang berhasil mencapai target produksi tertentu yang telah ditetapkan.

F. Dumping

  • Dumping merupakan kebijakan pemerintah untuk mengadakan diskriminasi harga, yakni produsen menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah dari dalam negeri atau bahkan di bawah biaya produksi.

Jawaban: Kebijakan Perdagangan Internasional adalah segala tindakan negara atau pemerintah, baik langsung ataupun tidak langsung untuk memengaruhi struktur, arah, komposisi, serta bentuk perdagangan luar negeri atau kegiatan perdagangan.

- Tarif.

- Subsidi Ekspor.

- Pembatasan Impor.

- Pengekangan Ekspor Sukarela.

- Persyaratan Kandungan Lokal.

- Subsidi Kredit Ekspor.

- Pengendalian Pemerintah (National Procurement) .

- Hambatan-Hambatan Birokrasi (Red Tape Barriers)

Penjelasan: